Berita

Ketua DPD RI: Semangat Kartini Harus Tetap Menyala

Heri Abdullah
21/04/2021, 12:12 WIB
Last Updated 2021-04-21T11:52:09Z
SURABAYA
- Tepat di hari Rabu (21/4/2021), Indonesia merayakan Hari Kartini. Buat Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, semangat dan perjuangan yang diperlihatkan Kartini di masa lalu harus tetap menyala meski Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19.

Menurut Senator asal Jawa Timur itu, peran perempuan tidak kecil dalam aspek kehidupan, baik di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. 

"Di masa lalu, Kartini memperjuangkan emansipasi wanita. Tujuannya agar wanita Indonesia memiliki peran yang sama dengan laki-laki, baik dalam kehidupan bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Perjuangan itu bisa kita rasakan hingga kini. Oleh sebab itu, semangat Kartini harus terus menyala," katanya.

Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur itu mengatakan, berkat perjuangan Kartini, kini perempuan Indonesia sudah hampir sejajar dengan laki-laki. 

"Semangat Kartini menjadikan perempuan Indonesia zaman sekarang atau Kartini masa kini memiliki prestasi di berbagai bidang. Mereka banyak menduduki peran strategis dan penentu kebijakan di bidang-bidang yang digeluti," ucapnya.

Menurut alumnus Universitas Brawijaya Malang tersebut, perempuan yang bisa berperan di bidang-bidang tertentu merupakan perempuan yang luar biasa. Sebab mereka mampu berperan aktif di berbagai sektor tanpa menanggalkan kodratnya sebagai wanita. 

"Tentu saja Ibu Kartini akan bangga dengan peran-peran aktif perempuan sekarang. Dengan keberanian dan pengorbanan yang tulus, Kartini mampu mengubah kaumnya dari belenggu diskriminasi," ujarnya.

LaNyalla mengajak kaum perempuan untuk lebih menularkan semangat yang dimiliki Kartini. Apalagi di era digital ini, perkembangan zaman sangat cepat. 

"Semangat Kartini harus terus menyala. Kaum perempuan sekarang harus paham teknologi terutama yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. Harus bisa bersikap cerdas dan mempunyai semangat untuk bisa membantu, berbuat baik untuk orang lain dan semangat berprestasi di berbagai bidang kehidupan," ujarnya.

Mantan Ketua Umum PSSI itu mengajak kaum perempuan Indonesia tidak sekadar memperingati Hari Kartini setiap tanggal 21 April, namun lebih mendalam dengan mencontoh semangat juang Kartini. 

"Jangan sampai generasi-generasi di bawah kita tidak mengerti sejarah Kartini di masa lalu. Beliau merupakan sosok yang membuat perubahan besar dan dampaknya bagi kaum wanita di zaman sekarang sangat luar biasa," pungkasnya.

TrendingMore